0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tak Ada Warga Binaan yang Langsung Bebas Usai Terima Remisi Idul Fitri

ilustrasi (sumber: pixabay.com)

Solo – Seluruh warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Kota Solo dipastikan tidak ada yang langsung bebas setelah menerima remisi Idul Fitri tahun ini. Potongan remisi atau masa tahanan yang diberikan terhadap para warga tahanan bervariasi mulai dari 15 hari hingga satu bulan.

“Untuk tahun ini, tidak ada yang langsung bebas,” terang Kepala seksi pelayanan tahanan Rutan Solo, Solichin saat dihubungi, Kamis (14/6).

Ada sebanyak 161 warga binaan yang diusulkan oleh Rutan Kelas IA Kota Solo mendapatkan remisi. Akan tetapi, baru 90 warga binaan yang menerima SK remisi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Dari 90 warga binaan yang menerima remisi perinciannya sebanyak 52 orang dari tahanan kasus kriminal umum, sebanyak 37 orang tahanan kasus kriminal khusus atau narkoba, dan satu orang tahanan kasus tipikor.

“Remisi terbanyak menerima pengurangan penjara selama satu bulan. Paling sedikit sebanyak 15 hari. Kami tidak asal memberikan remisi kepada warga binaan. Remisi dilakukan secara ketat dan harus memenuhi syarat,” kata dia.

Pihaknya berharap, dengan remisi yang diberikan tersebut mampu menjadi pelajaran berharga bagi warga binaan untuk tidak kembali mengulangi perbuatanya melakawan hukum.

“Ini bentuk perhatian dari pemerintah. Sehingga, saat mereka bebas menjadi warga masyarakat yang tidak melawan hokum,” kata Solichin.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge