0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Komunitas Astronom Dilibatkan Lihat Hilal

Meneropong hilal di Bukit Sukuh, Ngargoyoso. (foto:ist) ()

Karanganyar – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Karanganyar bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Karanganyar melakukan pengamatan hilal di bukit Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Kamis (14/6). Pengamatan ini menggandeng komunitas astronom amatir Soloraya yang tergabung di Solo Astro Club.

“Lokasi Bukit Sukuh menjadi paling strategis untuk melakukan pemantuan karena posisinya yang merupakan dataran tinggi. Daerah Candi Sukuh sendiri berada di ketinggian seribu seratus sembilan puluh meter dari atas permukaan laut. Kawasan bukit sukuh pun telah diajukan ke Kemenag pusat untuk dijadikan salah satu tempat pemantuan hilal di tanah air. Usulan ini dilakukan usai Kemenag melakukan konsultasi dengan para ahil hisab dan rukyat mengenai letak strategis melakukan pengamatan hilal di Kabupaten Karanganyar,” kata Kepala Kemenag Karanganyar, Mustain Ahmad kepada wartawan di lokasi pemantauan.

Mengenai lokasi meneropong hilal di bukit Sukuh, hal ini terekomendasi tim Observatorium CASA Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam yang dipercaya pemerintah dalam melaksanakan pengamatan. Pada tahun lalu, pengamatan hilal berada di lokasi ini. Saat ini, pengamatannya untuk melihat munculnya bulan muda penanda 1 Syawal.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge