0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mozilla Kembangkan Peramban yang Diaktifkan Dengan Suara

Mozilla Firefox. ()

Timlo.net—Mozilla adalah perusahaan yang dikenal masyarakat sebagai pengembang peramban populer Firefox. Rupanya perusahaan itu sekarang sedang mengembangkan sebuah peramban baru dengan sebuah fitur kunci yang menarik. Peramban itu bisa dikendalikan dengan suara pengguna. Hal ini terungkap dalam sebuah pertemuan di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Peramban itu disebut “Scout”. “Dengan aplikasi Scout, kami mulai menjelajahi browsing dan mengkonsumsi konten dengan suara,” ujar Mozilla dilansir dari Ubergizmo. Salah satu contoh perintah suara itu adalah, “Hey Scout, bacakan artikel tentang beruang kutub.”

Konsep ini adalah konsep yang menarik. Salah satu masalah dengan teknologi pengenal suara adalah teknologi itu lambat dalam memahami perintah suara. Dengan kata lain, lebih cepat browsing dengan mengetik pencarian dibandingkan dengan suara. Selain itu ada masalah dengan kemampuan teknologi ini untuk memahami bahasa alami, aksen dan lain-lain. Jika kemampuan teknologi itu belum mumpuni, pengguna justru bisa merasa frustasi saat menggunakan fitur itu.

Akan tetapi, sisi positifnya, hal ini ini akan membuat browser ini berbeda dari yang lain. Juga pengguna yang kesulitan mengetik bisa merasa terbantu dengan peramban seperti ini. Belum ada informasi kapan peramban ini dirilis. Tapi Mozilla mengungkap jika peramban ini masih dalam tahap pengembangan awal.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge