0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Lebaran, Jasa Permak Celana Kebanjiran Order

Jasa permak jeans (dok.timlo.net/umkm yogya)

Timlo.net — Penjahit jasa permak celana di Kota Palembang, Sumatera Selatan sejak sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 “kebanjiran” order.

“Sejak sepekan terakhir permintaan pemotongan celana dan mengecilkan sekaligus memotong (memermak) celana berbahan katun dan jins mengalami peningkatan,” kata Bustomi, pengelola kios jahit dan permak celana di kawasan Jalan Merdeka Palembang, Kamis (14/6).

Menurut dia, peningkatan permintaan pelayanan jasa permak celana terjadi setiap menjelang Lebaran, kondisi ini diantisipasi dengan menambah tenaga penjahit.

Mengenai biaya memotong dan memermak celana katun atau jins bervariasi tergantung tingkat kesulitannya.

“Untuk memotong celana katun atau jins dikenakan biaya jasa Rp 15.000-Rp 20.000 per celana, sedangkan biaya melakukan pengecilan dan pemotongan memperpendek celana dikenakan biaya jasa berkisar Rp 25.000 hingga Rp 50.000/celana,” kata Tomi.

Sementara sejumlah penjahit pakaian dan celana lainnya mengatakan permintaan jasa menjahit mengalami peningkatan sejak memasuki bulan suci Ramadan hingga sepekan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 ini.

Derlius, salah seorang penjahit di kawasan Sekip Ujung Palembang, mengatakan, dalam sebulan terakhir setiap hari ada beberapa pelanggan yang datang meminta menjahitkan pakaian dan celana panjang ke kios jahitnya.

Warga kota tersebut banyak yang meminta dijahitkan kemeja, gamis, celana panjang, atau hanya sekedar memermak celana jins atau baju yang kepanjangan dan kebesaran.

“Seperti biasanya menjelang Lebaran permintaan jasa menjahit meningkat hingga 75 persen dari biasanya, karena banyak masyarakat yang membutuhkan pakaian dan celana baru agar bisa tampil gaya dan rapi pada hari besar keagamaan umat Islam itu,” ujarnya.

Pelanggan yang meminta dijahitkan pakaian dan celana ada yang membawa bahan sendiri dan ada juga membeli bahan yang tersedia di kios/tokonya.

Untuk biaya jasa memermak celana jins dan pakaian berkisar Rp 20.000 hingga Rp 45.000 per potong, sedangkan untuk menjahit celana panjang Rp 125.000 per potong, sedangkan jika pelanggan menggunakan bahan yang tersedia di toko dikenakan biaya Rp 200.000 – Rp 325.000 per potong tergantung kualitas bahan yang digunakan.

Sedangkan ongkos jasa menjahit kemeja biasa lengan pendek Rp100.000 per potong dan lengan panjang Rp 150.000 per potong, kemeja batik Rp 200.000 per potong termasuk pelapis/puring, kata dia pula.

Sumber: Antara

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge