0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

H-2, Penumpang Bus Mulai Sepi

Parkir bus di Terminal Ir Soekarno Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Timlo.net — Jumlah penumpang yang berangkat dan tiba di Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu atau H-2 Lebaran mulai menurun dibandingkan hari sebelumnya.

“Sekarang sudah menurun bahkan cenderung sama seperti hari normal,” kata Petugas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Sleman yang berdinas di Terminal Jombor, Herman Jaya di Sleman, Rabu (13/6).

Bus yang tiba dan berangkat di Terminal Jombor didominasi bus antarkota dalam provinsi (AKDP). Sedangkan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) hanya tiga unit.

“Dari tadi pagi kebanyakan bus-bus lokal saja yang masuk. Bus AKAP hanya tujuan Magelang-Semarang,” kata Herman.

Herman mengatakan puncak arus mudik di Terminal Jombor terjadi pada Selasa (12/6) atau H-3 Lebaran. Jumlah armada mencapai 445 bus dan jumlah penumpang mencapai 4.071 orang.

“Hari ini kami pekirakan tidak sampai mencapai 2.500 orang,” kata dia.

Menurut Herman, dibandingkan kepadatan penumpang pada Lebaran 2017, puncak kepadatan penumpang pada tahun ini mengalami peningkatan.

Pada 2017 puncak kepadatan penumpang terjadi pada H-4 Lebaran di Terminal Jombor masih mencapai 3.985 orang dengan jumlah bus mencapai 483 unit.

Sementara itu, Penasihat Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam (Pabima) Terminal Jombor Sony Kurniawan membenarkan bahwa jumlah penumpang yang memesan tiket bus malam sudah sama seperti hari-hari normal.

Sony memperkirakan jumlah penumpang mulai meningkat kembali saat arus balik pada H+3 Lebaran.

“Saya perkirakan hari ini pukul 18.00 WIB sudah sepi. Kalau kemarin pukul 20.00 WIB masih ramai,” kata Sony.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge