0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Apple Blokir Aplikasi yang Jual Informasi Kontak Pengguna

Logo Apple. (ubergizmo. )

Timlo.net—Ada aplikasi yang kadang-kadang meminta izin untuk mengakses daftar kontak di ponsel. Contohnya jika Anda mengunduh aplikasi VoIP atau aplikasi messenger. Dua jenis aplikasi itu kadang-kadang meminta akses daftar kontak untuk menolong menemukan teman, menciptakan buku telepon dan lain-lain dan sebagian besar tujuannya masuk akal.

Akan tetapi ada beberapa aplikasi yang menyalahgunakan akses itu dan sebenarnya mengambil informasi daftar kontak. Lalu kemudian menjualnya kepada para marketer dan pengiklan. Rupanya Apple merasa muak dengan penyalahgunaan ini. Perusahaan itu baru-baru ini membuat beberapa perubahan dalam aturan di App Store minggu lalu. Sekarang mereka membatasi cara pengembang dan aplikasi bisa mengakses informasi kontak, tulis Ubergizmo.

Apple belakangan ini kerap membanggakan sikap mereka yang melindungi privasi para penggunanya. Terutama saat ini di mana terjadi skandal penyalahgunaan data yang melibatkan perusahaan besar seperti Facebook. Perubahan peraturan ini juga berarti jika pengembang aplikasi ketahuan menjual informasi kontak pengguna, mereka akan diblokir dari App Store.

Belum jelas bagaimana Apple berencana menegakkan aturan ini atau bagaimana mereka mengetahui adanya pelanggaran. Semoga saja dengan aturan baru ini, pengembang aplikasi akan berpikir dua kali untuk melakukan penyalahgunaan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge