0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilkada Serentak, Difabel Dapat Prioritas Nyoblos

Sosialisasi dan simulasi pemungutan suara bagi difabel (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — KPU menjamin kemudahan mencoblos pada saat pemungutan suara, bagi kalangan penyandang disabilitas. Salah satunya didahulukan alias tak perlu capai mengantre.

“Difabel enggak pelu antre. Mereka akan dipandu petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) untuk mencoblos duluan,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar Divisi SDM dan Masyarakat, Budi Sukramto usai sosialisasi dan simulasi coblosan di SLB Cangakan, Selasa (12/6).

Perlakuan istimewa tersebut masuk di SOP KPPS dan ditekankan pada bimbingan teknis penyelenggara pemilu. Perlakuan lainnya menyesuaikan jenis keterbatasan penyandang disabilitas. Dalam hal ini, KPPS mutlak mengenali calon pemilih di TPS-nya. KPU juga menyiapkan bukti kesanggupan pendamping membantu difabel memberikan suaranya melalui formulir C3.

“Mungkin bisa memberi tanda agar tuna rungu tahu ia dipanggil, dengan cara menepuk bahu. Untuk itulah KPPS direkrut dari warga setempat. Setiap penyandang disabilitas akan ditanyai dulu apakah bisa mencoblos sendiri ataukah membutuhkan pendampingan?” katanya.

Pada Pilgub Jawa Tengah dan Pilbup Karanganyar yang digelar serentak terdapat 681.477 calon pemilih masuk daftar pemilih tetap (DPT). Dari jumlah tersebut sekitar 1.500 diantaranya penyandang disabilitas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge