0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilkada Serentak

KPU Sosialisasi Pencoblosan ke Penyandang Disabilitas

Sosialisasi dan simulasi pencoblosan bagi kalangan difabel (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar menggelar sosialisasi dan simulasi pemungutan suara di pelataran SLB Cangakan, Selasa (12/6). Sasaran kegiatan itu ke penyandang disabilitas.

“Saudara-saudara kita ini (difabel) berhak pilih. Mereka justru diprioritaskan dilayani di TPS,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Budi Sukramto kepada wartawan.

Dalam kegiatan itu, KPU menggandeng sukarelawan dan pendamping difabel. Hadir dalam kesempatan itu belasan penyandang disabilitas dari kalangan tuna rungu, tuna netra, tuna daksa dan lainnya. Diawali penyampaian singkat seputar pilkada serentak, kemudian KPU menyimulasikan tahapan pencoblosan.

Dimulai sambutan Ketua KPPS, kemudian pemanggilan nama dan pencocokan identitas atau surat undangan memilih. Tahapan selanjutnya pemberian surat suara Pilgub dan Pilbup. Petugas KPPS tampak sigap membantu calon pemilih yang kesulitan berjalan dan naik ke pelataran. Bagi tuna netra disediakan template. Setelah mencoblos, kemudian pemilih mencelupkan jarinya ke kotak tinta sebagai tanda prosesnya selesai.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge