0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ingin Mudik? Jangan Lupa Cek Hal-Hal Ini!

Kepada Dinas Damkar Kota Solo, Gatot Sutanto (kanan) sedang memeriksa kesiapan mobil pemadam kebakaran (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Bagi warga masyarakat yang ingin mudik Lebaran, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan akhir terhadap rumah yang akan ditinggalkan. Pengecekan meliputi, regulator gas yang masih menancam, peralatan listrik yang masih menyala hingga jangan lupa berpamitan dengan tetangga sekitar.

“Kebakaran terjadi karena adanya api. Api yang timbul, bisa dari listrik atau kompor gas,” terang Kepala Dinas Pemadam (Damkar) Kota Solo Gatot Sutanto kepada Timlo.net, Selasa (12/6) siang.

Meski telah dipersiapkan secara matang kegiatan mudik Lebaran, namun pengecekan akhir sebelum meninggalkan rumah perlu dilakukan. Upaya ini sebagai langkah antisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, semisal kebakaran.

“Rumah yang tidak dihuni, justru lebih membahayakan jika terjadi bencana kebakaran. Mengingat tidak adanya upaya pemadaman sama sekali dan api diketahui sudah dalam keadaan besar,” jelas Gatot.

Dan tak lupa, pihaknya berpesan supaya pemilik rumah yang hendak melakukan mudik menitipkan rumah kepada tetangga. Ini dimaksudkan, supaya mereka lebih waspada jika terjadi hal yang tak diinginkan.

“Jangan tiba-tiba pulang kampong. Pamit, sama tetangga supaya mereka ikut juga berjaga-jaga jika terjadi apa-apa,” kata Gatot.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge