0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Alasan Kenapa Gatal Karena Gigitan Nyamuk Susah Hilang

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net—Gigitan nyamuk pada musim kemarau ini sepertinya meningkat. Selain gigitan nyamuk terasa menganggu, gatal karena gigitan itu sepertinya susah hilang. Apa alasannya?

“Saat nyamuk menggigit Anda, mereka menyuntikkan sedikit air liur,” kata Bernard Cohen MD, profesor dermatologi di the Johns Hopkins University School of Medicine.

“Untuk sebagian besar orang, air liur itu memicu reaksi. Anda merasa sangat gatal, kulit memerah dan bengkak,” jelasnya dilansir dari Reader’s Digest. Reaksi ini adalah reaksi alergi ekstrim yang disebut anafilaksis. Bila terkena, orang merasa gatal-gatal, saluran udara tertutup. Mereka biasanya perlu pertolongan medis.

Jika orang tidak mengalami alergi, mereka biasanya tetap mengalami gatal bahkan hingga berhari-hari, ujar Xinzhong Dong, PhD, seorang profesor ilmu saraf di Johns Hopkins Medicine. Gatal ini termasuk akibat dari alergi ringan.

Selain alergi, Xinzhong percaya ada alasan lain kenapa gatal itu terasa dalam waktu lama. “Ada teori jika Anda menggaruk gigitan, maka kulit luar rusak dan Anda memperoleh infeksi kedua,” ujarnya.

Bernard menambahkan jika lokasi gigitan juga membuat perbedaan. Gigitan di tangan atau kaki bisa menyebabkan gatal dalam waktu lama. Sedangkan gigitan di tangan atas dan paha biasanya menimbulkan gatal yang berlangsung singkat.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge