0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Harga Ayam Potong Mahal, Pedagang Soloraya Demo

Para pedagang pengepul ayam potong mengelar aksi demo terkait mahalnya harga ayam potong di depan Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Naiknya harga ayam potong yang terjadi selama dua bulan terakhir ini dikeluhkan para pedagang ayam potong di Soloraya. Sabtu (9/6) siang, puluhan pedagang ayam potong dari Soloraya menggelar aksi demo di depan Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali. Dalam aksi damai tersebut, mereka meminta harga ayam potong kembali stabil.

“Biasanya kan naik turun naik turun, tapi sudah dua bulan ini naik terus, ini jelas tidak normal,” kata juru bicara aksi, Ari Sugeng Mulyono.

Dijelaskan, untuk harga ayam dari kandang saat ini sudah lebih dari Rp 20 ribu/Kilogram. Pihaknya menjual ke pemotong Rp 23.500/Kg .Kemudian dari pemotong ke konsumen masyarakat umum saat ini mencapai kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu/Kg.

“Kalau kita ini pedagang pengepul dari kandang ayam dan selanjutnya dijual kepada para pemotong,” tambahnya.

Menurutnya, saat Lebaran, dengan harga tinggi seperti sekarang ini, pengepul masih mendapatkan untung. Hanya saja, pedagang pengepul saat ini sudah tidak kuat dengan kenaikan harga ayam potong yang terus merangkak naik.

“Naiknya Rp 500, Rp 1000 kembali Rp 500, sedikit-sedikit tapi terus. Dengan harga saat ini kita bisa menjualnya, hanya saja hasil penjualan tidak cukup untuk kulakan,” tambahnya.

Selain soal harga yang terus naik, pedagang pengepul ini juga mengeluhkan minimnya stok ayam potong dari kandang melalui broker. Padahal saat ini permintaan sedang besar-besarnya. Ari mengaku setiap hari  membutuhkan pasokan ayam potong sekitar 2,3 ton.

“Biasanya jam 20.00 sudah dapat ayam, tapi tadi malam pukul 23.00 baru dapat,” ujarnya.

Aksi demo yang digelar pedagang pengepul ayam potong tak hanya dari Boyolali, namun juga dari Karanganyar, Solo dan Sukoharjo. Tuntutannya utamanya harga ayam potong stabil.

“Harga stabil, kisaran normalnya Rp 16 ribu hingga Rp 18 ribu/Kg,” tandasnya.

Aksi demo para pedagang pengepul ayam potong tersebut mendapat kawalan Polsek Ngemplak.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge