0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polisi Ini Ajak Masyarakat Jadi Petani Bisnis

Bripda Sigit Purwoko memamerkan bibit bawang merah varietas Bisma (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Berawal dari keprihatinan dan kepedulian kepada masyarakat, Bripka Sigit Purwoko, anggota Polres Wonogiri mengajak masyarakat untuk beralih menjadi petani bisnis yakni dengan menanam bawang merah. Melihat potensi yang ada, pemerintah kemudian menggelontorkan bantuan pengadaan bibit bawang merah puluhan ton.

“Saya hanya ingin mengajak serta masyarakat untuk menanam bawang merah. Ini dimaksudkan untuk tidak membiarkan ladang kosong saat musim kemarau. Selain itu juga mengubah kebiasaan dalam pola tanam. Hasilnya, saat ini mereka sudah mahir menanam bawang merah,” jelas Bripka Sigit Purwoko, Sabtu (9/6).

Bripda Sigit Purwoko yang sehari-hari menjabat Kanit Intelkam Polsek Eromoko tak pernah malu untuk langsung terjun ke ladang untuk mengolah sawah yang ditanami tanaman holtikultura. Ia mengaku mulai bertani bawang merah sejak 2010 silam. Hingga saat ini,ia sudah berhasil mengajak seluruh masyarakat di Desa Ngadirejo, Kecamatan Eromoko mengubah kebiasaan masyarakat sebagai petani padi.

Bapak dari dua putera ini juga mengatakan, tanah di Wonogiri masih steril, sehingga hasil panenan bawang merah jenis Bima Brebes ini maksimal. “Penjualan bawang merah di sini langsung dikirim menuju ke kota-kota seperti Semarang, Demak, Brebes, dan Purwodadi. Tentunya barang yang dijual dengan kualitas super,” bebernya.

Bahkan, dengan kegigihannya, pemerintah kemudian menggelontorkan alokasi anggaran pengadaan bibit bawang merah untuk petani di Wonogiri.Takhanya itu,ia juga ditunjuk untuk pengadaan bantuan bibit melon.

“Bantuan dari APBN, untuk pengadaan bantuan bibit bawang merah kepada petani di Eromoko sebanyak 32 ton,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasubaghumas AKP Hariyanto mengatakan, keteladanan Bripda Sigit Purwoko dapat menjadi penyemangat anggota lainnya untuk belajar bertani.

“Kegiatan ini juga bisa dijadikan bisnis positif. Bahkan dapat dikatakan sebagai penghasilan baru, selain gaji dari kepolisian,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge