0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini yang Dilakukan Para Siswa SD di Kampung Ramadan

Suasana Kampung Ramadan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kotabarat Solo dan warga Dukuh Tegal Sari Rt 01 dan 02 serta Pondok Pesantren Manafiul Ulum Canden, Sambi, Boyolali menggelar Kampung Ramadan 2018.

“Tema kegiatan ini adalah menanamkan nilai kemasyarakatan dalam bingkai Kampung Ramadan,” jelas Humas SD Muhammadiyah PK Solo, Muhammad Arifin kepada wartawan, di Solo, Jumat (8/6).

Arifin mengatakan, sebanyak 57 siswa kelas V mengikuti kegiatan Kampung Ramadan, di Dukuh Tegalsari, Canden, Sambi, Boyolali. Serangkain kegiatan di antaranya, tinggal bersama orang tua asuh, oreintasi lingkungan desa dan pondok, sholat jamaah di masjid, kerja bakti bersama warga, Baksos dan bazar (pasar murah). Kegiatan ini mempunyai target diantaranya belajar berdikari menjadi pribadi sejati, belajar mensyukuri menjadi pribadi robani, belajar menteladai menjadi pribadi santri, serta menjalani dengan gembira hati.

Siswa terbagi dalam 14 kelompok yang terdiri dari 10 kelompok putri dan 4 kelompok putra. Kegiatan ini melibatkan 14 orang tua asuh yang digunakan untuk tempat menginap sekaligus membimbing dalam kegiatan kemasyarakatan. Selain itu, juga melibatkan 14 pendamping dari siswa siswi SMP pondok pesantren yang bertugas untuk mendampingi selama kegiatan Kampung Ramadan, baik kegiatan di pondok maupun di luar pondok (masjid).

Dalam puncak kegiatan Kampung Ramadan digelar kegiatan Baksos di komplek masjid Desa Tegal Sari. Menjual 100 paket Sembako murah yang berisi minyak 1 liter, beras 2 Kg, mie instan dan gula pasir 2 Kg. Paket Sembako tersebut di jual dengan hargaRp  15.000, serta menjual baju pantas pakai dengan harga antara Rp 1.000 – Rp 5.000. Dari hasil tersebut akan disumbangkan ke pondok, masjid dan kas RT.

“Dengan semarak Kampung Ramadan, diharapkan dapat melatih siswa dalam keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi dan dapat melaksanakan amalan wajib maupun sunah di bulan Ramadan dengan maksimal serta gembira hati,” ujar Arifin.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge