0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Apple Bantah Terima Data Sensitif Pengguna Dari Facebook

ilustrasi (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net—Cara Facebook menjaga privasi data pengguna lagi-lagi dipertanyakan. Apalagi setelah muncul pemberitaan jika perusahaan itu menyediakan data pengguna yang sensitif terhadap kurang lebih 60 produsen perangkat keras, termasuk Apple dan Samsung. CEO Apple Tim Cook menanggapi pemberitaan ini. Dalam wawancara dengan NPR dia mengungkap jika Apple tidak pernah menerima data apapun dari Facebook. Perusahaannya juga tidak pernah meminta data dari sosial media itu. Dia berujar jika ide ini adalah sesuatu yang sangat asing untuk Apple.

Minggu lalu, The New York Times memberitakan jika Facebook menandatangani kerja sama dengan produsen perangkat seperti Apple dan Samsung. Isi kerja sama itu adalah mereka bisa menciptakan kembali pengalaman seolah menggunakan Facebook. Terutama untuk fitur-fitur seperti tombol perpesanan dan like tanpa perlu sebuah aplikasi.

Kerja sama ini juga memampukan produsen perangkat untuk memperoleh informasi tentang pengguna. Misalnya acara-acara yang hendak mereka hadiri dan agama atau pandangan politik mereka.

Tim berkata kepada NPR jika kerja sama Apple dengan Facebook hanyalah supaya pengguna bisa berbagi di sosial media itu langsung dari operating system iOS. “Apa yang kami lakukan adalah kami mengintegrasikan kemampuan berbagi pada sistem operasi, membuatnya mudah untuk berbagi foto dan hal-hal semacam itu,” kata Tim.
“Kami tidak berada dalam bisnis data. Kami tidak pernah berada dalam bisnis data,” tambah Tim.

Facebook sendiri juga sudah membantah pemberitaan itu sebelumnya. “Berlawanan dengan klaim the New York Times, informasi teman seperti foto, hanya bisa diakses pada perangkat saat orang membuat keputusan untuk berbagi informasi itu dengan teman-teman tersebut,” jawab Facebook.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge