0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Terlalu Sering Berolahraga, Remaja Ini Terkena Penyakit Mematikan

Otot pegal. (stack.com)

Timlo.net—Seorang remaja di Texas, Amerika Serikat (AS) didiagnosa dengan penyakit mematikan karena berolahraga terlalu keras. Jared Shamburger, 17, berkata dia mulai merasa sangat lelah minggu lalu setelah mengangkat beban selama 90 menit di sebuah tempat fitness di area Houston.

“Semuanya sakit. Sakit disentuh. Juga bengkak,” ujar Jared dilansir dari NYPost.com. Remaja itu baru-baru ini bergabung dengan sebuah tempat fitness. Dia mencoba berolahraga dengan keras untuk bersaing dengan ayah dan kakaknya. Keduanya sudah berolahraga angkat beban selama bertahun-tahun.

“Saya ingin mengejar mereka dan menjadi sebesar mereka,” ujar Jared.

Rasa nyeri itu tidak berkurang dan ibunya menghubungi dokter. “Jiwa keibuan di dalam saya mengambil alih dan saya memanggil dokter anak dan berkata, ‘Saya benar-benar berpikir putera saya menderita rhabdo,” ujar Judy Shamburger mengacu pada rhabdomyolysis.

Dugaannya ternyata benar. Remaja itu dirawat di rumah sakit selama lima hari karena kondisi yang mengancam nyawa itu. Rhabdomyolysis menyebabkan jaringan otot mati dengan cepat dan menyebarkan protein berbahaya ke darah.

Beberapa kasus rhabdomyolysis ini adalah hasil dari kelelahan. Jika tidak dirawat dengan benar, kondisi itu bisa menyebabkan kematian.”Jika dia tidak menderita itu, jika dia tidak memberitahu saya, jika kami pergi ke luar kota. Saya tidak bisa membayangkan. Dan saya tidak ingin, tentang apa yang bisa terjadi,” ujar Judy.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge