0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Keraton Solo Gelar Malem Selikuran, Ini Acaranya

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Dipokusumo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Keraton Surakarta Hadiningrat bakal menyelenggarakan Hajat Dalem Malem Selikuran pada Selasa (5/6) malam. Kegiatan akan dilangsungkan dengan arak-arakan tumpeng sewu dari Kraton Kasunanan hingga ke Sriwedari.

“Kegiatan ini akan dilakukan pada malam selikup bulan puasa atau tanggal 5 Juni 2018. Hajat Dalem Malem Selikuran ini dilaksanakan setiap tahun pada bulan Puasa,” ungkap Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Dipokusumo, Senin (4/6).

Dikatakan, kegiatan ini akan diikuti oleh 9 Bergada Prajurit Keraton, yang diikuti oleh Abdi Dalem. Abdi Dalem akan membawa satu buah tumpeng besar, dan Joli berisi seribu tumpeng yang akan dibagikan bagi masyarakat.

Menurut Dipo, demikian pria ini biasa disapa, acara Malem Selikuran akan dimulai pada pukul 20.00 WIB, setelah sebelumnya ada buka bersama dan sholat berjamaah. Rombongan akan bergerak dari Kori Kamandungan menuju Sapit Urang sebelah barat dan melintasi Masjid Agung Keraton Surakarta. Setelah itu rombongan menuju Jl Pakoeboewono hingga simpang empat Gladak. Sesampainya di Gladak, rombongan kirab akan menuju ke barat melintasi Jl Slamet Riyadi hingga ke Sriwedari.

“Sesampai di Sriwedari, tumpeng akan didoakan dan dibagikan kepada masyarakat,” ujar dia.

Selain tumpeng, para Abdi Dalem juga akan membawa lampu minyak atau Lampu Ting. Hal ini terinspirasi para Sahabat Nabi Muhammad yang menyambut kedatangan Nabi dengan menyalakan pelita.

“Ada lampu Ting juga, jadi bisa disebut ini Festival Ting,” ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge