0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dokter Angkat 4100 Batu Empedu Dari Pria Ini

Yogesh dan para pegawai rumah sakit. (metro.co.uk)

Timlo.net—Dokter mengangkat 4100 batu yang ada dalam kantong empedu seorang pria. Pria bernama Yogesh Yewle, 43, dari India itu kerap mengeluhkan sakit perut selama beberapa tahun. Tapi dia tidak pernah mencari pertolongan medis.

Setiap kali merasa sakit, dia akan meminum obat penghilang sakit dan obat maag untuk mengatasinya. Akan tetapi, minggu lalu saat rasa sakit perut muncul lagi, Yogesh pergi ke Krishna Hospital di Nashik, Maharashtra di India barat. Saat menjalani ultrasound, ditemukan kumpulan batu di kantung empedu pria itu. Para dokter segera melakukan operasi laparoscopy dan mengangkat batu empedu itu, tulis Metro.co.uk.

Diperlukan waktu dua jam untuk dua staf rumah sakit untuk menghitung jumlah batu itu. Ukuran batu beragam mulai dari 3 hingga 4 mm. Jumlahnya mencapai 4100 buah. Dr. Amit Sharad Kele, ahli bedah laparoscopic yang mengoperasi Yogesh berkata, “Dia dibawa masuk minggu lalu setelah menderita sakit perut parah selama dua hari. Pria itu belum pernah mencari perawatan yang memadai dan hanya mengkonsumsi penghilang rasa sakit dan obat maag setiap kali merasa sakit perut.”

“Kami harus melakukan operasi darurat setelah beberapa tes mengungkap jika ada beberapa batu empedu pada pasien,” tambahnya. Yogesh yang memiliki toko perangkat keras, merespon baik terhadap perawatan. Dia akan diizinkan pulang setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Batu empedu terbuat dari kolesterol dan terbentuk di kantung empedu. Mereka bisa tidak menimbulkan gejala. Tapi jika memblokir saluran empedu, batu itu bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa di pertu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge