0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sains Ungkap Ciri-Ciri Orang Suka Pada Kita

Gembok cinta. (nextshark.com )

Timlo.net—Apakah Anda pikir perasaan suka Anda terhadap seseorang tersimpan dengan aman? Dan jika mereka tidak tahu soal perasaan Anda? Menurut penelitian terbaru ini, anggapan Anda bisa saja salah. Jika kita menyukai seseorang, kita tanpa sadar menunjukkan berbagai sinyal halus.

Penelitian yang termuat dalam jurnal Psychological Bulletin itu diklaim sebagai analisa paling komprehensif yang pernah ada. Ada sinyal verbal dan non-verbal halus yang diteliti di dalamnya. Para ilmuwan meneliti 50 negara dan memasukkan perbedaan budaya dalam kajian mereka, tulis Indy100.com.

Hasilnya ada beberapa tindakan spesifik yang muncul bila seseorang menyukai orang lain. Mulai dari kontak mata, senyum, tawa dan keinginan memulai percakapan. Semuanya dianggap sebagai tanda ilmiah dari rasa suka. Di Barat, kepala yang mengangguk-angguk dan perilaku yang meniru adalah tanda seseorang sedang merayu. “Ada perilaku tertentu yang dihubungkan dengan rasa suka, dan perilaku ini bisa ditemukan dalam berbagai budaya di seluruh dunia,” ujar associate professor of psychology dari University of Dayton R. Matthew Montoya.

“Saat kita menyukai seseorang, kita bersikap dalam cara-cara tertentu untuk memperoleh kepercayaan mereka. Dari sudut pandang ini, kita terlibat dalam perilaku-perilaku ini untuk meningkatkan kecocokan, saling bergantung dan komitmen menjadi sebuah kesepakatan,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan jika penemuan ini tidak hanya untuk hubungan asmara. Hal ini bisa diterapkan dalam pertemanan dan hubungan profesional. “Kita terlibat dalam perilaku ini tidak selalu berhubungan dengan hasrat romantis. Perilaku ini digunakan saat dokter berinteraksi dengan pasien, orang tua berinteraksi dengan anak-anak atau tenaga penjualan berbicara dengan konsumen,” ujarnya.

Penelitian itu juga membantah beberapa mitos. Mereka tidak menemukan hubungan antara rasa suka dengan seseorang memainkan rambut, menaikkan alis mata, berdandan, dan beberapa postur tubuh lainnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge