0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Alasan Orang Suka Posting Aktivitas Olahraga di Facebook

Angkat beban. (t-nation.com)

Timlo.net—Apakah Anda kerap memposting aktivitas Anda di tempat fitness di Facebook? Bahkan bagaimana Anda berolahraga, setiap dua menit sekali setiap hari?

Semua detil tentang olahraga perut dan gerakan olahraga tidaklah cocok untuk materi Facebook. Tapi beberapa orang masih melakukan itu. Padahal dari penelitian sebelumnya, terlalu sering berbagi soal aktivitas olahraga di Facebook sebaiknya dihindari.

Para peneliti dari Brunel University di London, Inggris melakukan studi kenapa banyak orang suka mendokumentasikan sesi jogging dan fitness mereka. Hasil penelitian itu tidaklah positif, tulis Mirror.co.uk.

Menurut analisa mereka, orang-orang melakukan hal ini cenderung narsis. Tujuan utama mereka adalah membanggakan berapa banyak waktu dan usaha yang dihabiskan untuk terlihat bagus.

Jenis konten sepertinya juga memperoleh lebih banyak like di Facebook dibandingkan konten lainnya. “Orang narsis seringkali mengupdate soal pencapaian mereka, yang seringkali dimotivasi oleh kebutuhan mereka akan perhatian dan validasi dari komunitas Facebook,” tulis para peneliti.

Mungkin orang hanya validasi? Dr. Tara Marshal tidak berpikir seperti itu. Dia berkata jika kegiatan membanggakan diri yang dilakukan orang-orang narsis itu terbayar. Mereka menerima lebih banyak like dan komentar untuk update status mereka. Banyak like yang diterima mungkin karena teman-teman Facebook berusaha bersikap sopan. Padahal dalam hati, mereka tidak suka sikap pamer ini. Jika kita kadang-kadang mengunggah status soal kegiatan olahraga atau pencapain kita, tentunya itu wajar. Walau kita juga perlu bertanya apakah kita perlu melakukannya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge