0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pedagang Pasar Rejosari Keluhkan Pedagang di Luar Pasar

suasana dalam Pasar Rejosari, Jebres, Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pedagang Pasar Rejosari yang terletak di Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres, Solo mengeluhkan banyaknya pedagang yang berada di luar pasar. Hal ini mengakibatkan pengunjung enggan masuk ke dalam pasar yang diresmikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, lima bulan silam.

“Dibangunnya Pasar Rejosari itu harapannya dapat meningkatkan penghasilan pedagang. Jika ada pedagang diluar pasar yang tetap berjualan dengan barang dagangan yang sama, hal tersebut berpengaruh terhadap kunjungan pembeli ke pasar itu,” kata salah seorang pedagang sayur, Sajiyem, Senin (28/5).

Menurutnya, pedagang yang berjualan di seberang jalan Pasar Rejosari lebih mudah mendapatkan pembeli. Karena berdekatan dengan jalur lintas pengendara, pembeli yang menggunakan motor tidak perlu memarkirkan kendaraan, cukup berhenti sebentar, membeli barang dan langsung pergi.

“Kan lebih cepat, lebih praktis, tidak perlu naik tangga, jadi ya mereka dapat pelanggan. Harusnya ini ditindak oleh Pemkot,” ujar dia.

Senada, pedagang sayur di dalam kios Pasar Rejosari, Sumini mengatakan, pedagang yang berada diluar pasar Rejosari merupakan pedagang pindahan dari Pasar Jebres yang dalam tahap pembangunan dan juga pedagang Pasar Rejosari yang enggan menempati lokasi yang disediakan. Namun, keberadaan pedagang itu tidak mempengaruhi penghasilannya, sebab dirinya sudah memiliki pelanggan kulakan.

“Ya memang banyaj yang belanja (di luar pasar) tapi tidak berpengaruh kalau bagi saya. Saya punya langganan sendiri,” katanya.

Sementara itu Lurah Pasar Rejosari, Murdi mengatakan, pihaknya telah berkali-kali mengajak pedagang luar untuk masuk ke dalam pasar. Namun ajakan itu ditolak, lantaran pedagang lebih nyaman berada di luar pasar.

“Namun beberapa pedagang ada yang menolak dan berjualan di depan pasar. Sebagian juga ada yang menyewa lahan milik warga di depan pasar untuk berjualan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge