0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Walikota Ingin Basis Kesenian di Solo Diperhatikan

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meneekankan peranan sanggar kesenian yang ada di kampung-kampung di seluruh wilayah Kota Solo. Menurutnya, sanggar-sanggar ini adalah penyuplai sumberdaya manusia, sekaligus basis dari berbagai kesenian yang diselenggarakan Kota Solo.

“Kita melalui Dewan Kesenian Solo (DKS) sudah mengadakan pemetaan, yang berguna untuk mengetahui keberadaan, dan kebutuhan masing-masing sanggar,” ucapnya, Minggu (27/5).

Walikota memerintahkan kepada Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata untuk bisa bersinergi dengan DKS, dalam melakukan pembinaan terhadap sanggar yang ada. Pun juga mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di setiap sanggar dengan karakteristiknya masing-masing.

Hal ini, kata pria yang akrab disapa Rudy tersebut, akan menumbuhkan iklim yang sehat bagi sanggar yang ada. Iklim yang sehat akan mendukung keberlangsungan kegiatan budaya di tingkat Kota.

Sementara Sekretaris DKS Teguh Prihanto mengatakan, DKS telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah sanggar yang ada di Kota Solo. Hasilnya, sekitar 150 sanggar akan dibina untuk bisa menghasilkan produk kesenian dan manajemen kesenian yang utuh dan baik.

Hingga saat ini, pihak DKS masih menyusun data keberadaan sanggar untuk dimasukkan ke dalam database yang bisa diakses semua warga masyarakat. Sehingga kedepan, masyarakat bisa menggunakan data-data tersebut untuk berbagai keperluan yang bersinggungan dengan produk kesenian.

“Kedepan, sekitar bulan Oktober, kita akan mengadakan Lokakarya bagi sanggar kesenian yang ada di Solo, yang tujuannya adalah untuk menyelami permasalahan di setiap sanggar. Kemudian pada awal tahun 2019 akan ada jambore sanggar kesenian Solo,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge