0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tahun Ini Diperkirakan Tidak Ada Puncak Mudik, Ini Sebabnya

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Meskipun jumlah bus yang masuk ke Terminal Tipe A Tirtonadi Solo diperkirakan naik, namun musim lebaran tahun ini diperkirakan tidak ada puncak arus mudik. Hal ini disebabkan oleh panjangnya masa libur lebaran 2018.

“Liburnya cukup panjang ya, jadi kita perkirakan mulai H-6 atau Sabtu (9/6) itu sudah ada pemudik yang masuk ke Terminal. Nah masuknya pemudik ini cukup mengurangi kepadatan yang biasa disebut arus puncak itu,” ungkap Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, Minggu (27/5).

Masa libur yang cukup panjang itu, kata Joko membuat konsentrasi jumlah pemudik terbagi-bagi dalam beberapa hari. Kendati begitu, pihaknya tetap menyiagakan sejumlah petugas, untuk bisa mengatasi kepadatan penumpang dan armada bus, jika prediksi tersebut meleset.

“Kalau kita lihat, H-4 atau Senin (11/6) itu sudah mulai masa cuti bersama, hingga H+4 atau Kamis (20/6). Ini kan cukup panjang, artinya pemudik bisa mempersiapkan keberangkatan mereka jauh hari sebelum hari raya Idul Fitri. Belum lagi, sebelum cuti bersama itu adalah weekend, yang juga libur, H-7 kita perkirakan sudah ada pemudik yang tiba,” ucap dia.

Seperti diberitakan, kenaikan jumlah pemudik dan armada bus ke Terminal Tirtonadi pada tahun ini akan meningkat tiga persen dari tahun 2017. Jika pada tahun 2017 jumlah armada bus yang tiba 22.803 dan jumlah penumpang 365.617, pada tahun ini diperkirakan jumlah armada bus yang datang pada kisaran angka 25.764 dan jumlah penumpang 431.414.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge