0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

25 Ribu Bus Diperkirakan Padati Terminal Tirtonadi

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto (dok.timlo.net/heru murdhani)

¬†Solo — Sebanyak 25 ribu bus diperkirakan akan masuk ke Kota Bengawan pada musim mudik lebaran 2018. Hal ini disebabkan Kota Solo merupakan salah satu tujuan program mudik gratis dari kementerian, dan beberapa perusahaan swasta. Jumlah tersebut juga termasuk bus reguler yang diperkirakan juga akan meningkat jumlah armadanya.

“Angka ini diperkirakan lebih tinggi dari jumlah tahun lalu, yang mencapai 22 ribu kendaraan,” ujar Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, Minggu (27/5).

Dikatakan ada lebaran 2017 lalu, terminal Tertonadi kedatangan 22.803 bus dengan 366 ribu penumpang. Sementara bus ekstra yang datang juga mencapai 1.500 bus dengan 51 ribu penumpang pada masa mudik lebaran. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari pada armada bus yang berangkat dari Terminal Tirtonadi dengan kisaran 18 ribu armada saja.

“Karenanya petugas harus lebih siap. Sebab bus yang datang lebih banyak dari bus yang pergi. Kalau tidak siap, pasti terjadi kerumitan, penumpukan penumpang, dan lainnya,” ujar Joko.

Selain kesiapan petugas, Joko mengatakan telah menyiapkan sejumlah skema untuk mengatur bus yang masuk dan keluar dari Tirtonadi. Pihaknya berharap dari setiap penyelenggara perhubungan untuk bus memiliki pengertian dan memastikan kelancaran khususnya di pintu keluar-masuk terminal. Baik bagi armada yang hendak menuju wilayah barat mupun wilayah timur.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge