0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bergelombang, Jl Monginsidi Solo bakal Dibetonisasi

Ilustrasi perbaikan jalan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Solo — Proyek pengerjaan Jl Monginsidi, Solo di ruas simpang lima Balapan – simpang lima Monomen Banjarsari mendesak untuk dilaksanakan. Pantauan Timlo.net, Sabtu (26/5), jalan yang kerap dilewati kendaraan bertonase berat itu bergelombang dan amblas di beberapa titik.

“Selama ini yang dilakukan kan hanya perawatan rutin yang bersifat tambal sulam, nah ini kurang maksimal untuk perbaikannya, padahal arus kendaraan cukup padat,” ungkap Kepala Bidang Bina Marga DPU PR Kota Solo, Nur Basuki.

Nantinya, lapisan aspal ruas jalan tersebut akan dibongkar untuk proses pemadatkan tanah. Selanjutnya, proses betonisasi akan dilakukan. Pihaknya menarget pembangunannya bisa rampung akhir 2018 ini.

“Kalau melihat ilmu kontruksi yang baik, semestinya harus ditampah dengan pengaspalan mengingat beton tidak memiliki lapisan aus (kedap air). Makanya aspal itu diperlukan untuk mempertahankan lapisan ausnya,” kata dia.

Proses betonisasi ini akan dilakukan dengan sistem setengah pengerjaan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memberikan aksea lalulintas kepada masyarakat di setengah jalan yang belum diperbaiki.

“Anggaran dari DAK Kota Solo senilai Rp 8 miliar,” ungkapnya.

Seperti diketahui, proyek perbaikan jalan tersebut diundur hingga usai lebaran. Hal ini dilakukan guna mengurangi dampak kemacetan yang akan terjadi saat arus mudik dan balik Lebaran.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge