0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Speaker Cerdas Amazon Rekam dan Kirim Percakapan Pribadi Pengguna ke Orang Lain

Amazon Echo Dot. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Speaker cerdas seperti Amazon Echo bisa membuat hidup lebih nyaman. Terutama jika rumah kita dilengkapi perangkat cerdas lainnya. Tapi Amazon Echo sempat menjadi sorotan pemberitaan baru-baru ini. Misalnya beberapa pengguna sempat mengeluhkan jika Amazon Echo mengeluarkan tawa jahat secara acak. Mereka juga mengeluhkan speaker itu mengeluarkan lelucon yang menyeramkan. Masalah itu sendiri sudah diselesaikan oleh Amazon.

Tapi sebuah masalah baru muncul. Baru-baru ini, sebuah keluarga di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS) mengalami masalah dengan Amazon Echo. Speaker cerdas itu menguping pembicaraan pribadi mereka, merekamnya. Lalu mengirimnya kepada salah kontak mereka. Kontak tersebut memberitahu mereka jika dia menerima kiriman rekaman percakapan itu dari Amazon Echo. Begitu mengetahui hal ini, keluarga itu mencabut sebuah perangkat yang ditenagai Alexa di rumah mereka. Lalu mereka mengkontak Amazon.

“Mereka berkata ‘para teknisi kami menyelidiki log Anda, dan mereka melihat tepat seperti apa yang Anda beritahukan kepada kami, mereka melihat tepat seperti apa yang Anda katakan terjadi dan kami minta maaf.’ Dia minta maaf hampir sebanyak 15 kali dalam 30 menit dan dia berkata kami benar-benar menghargai Anda memberitahu kami hal ini, ini adalah sesuatu yang perlu kami perbaiki!” kata salah seorang anggota keluarga dilansir oleh GSM Arena.

Amazon juga memberikan pernyataan resmi. Mereka berkata, “Echo terbangun karena sebuah kata dalam percakapan itu terdengar seperti ‘Alexa’. Lalu percakapan berikutnya terdengar seperti permintaan ‘mengirim pesan’. Pada titik ini, Alexa bertanya dengan keras, ‘Kepada siapa?’ Pada titik itu, percakapan yang dia dengar diartikan sebagai nama seorang kontak pengguna di daftar. Alexa lalu berkata, ‘[nama kontak], iya kan?’ Alexa lalu mengartikan percakapan yang dia dengar sebagai ‘iya’. Walaupun skenario ini sepertinya aneh, kami mengevaluasi pilihan-pilihan supaya peristiwa yang sama tidak terulang.”

Keluarga itu ingin mengembalikan Amazon Echo dan meminta refund. Tapi Amazon dikabarkan hanya menawarkan “de-provision” untuk komunikasi dengan Alexa.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge