0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UNS Kelola Hutan Pendidikan dan Pelatihan

Ketua Tim Pengembangan UNS, Prof Dr Widodo Muktiyo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) ditunjuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan untuk hutan pendidikan dan pelatihan di Kabupaten Karanganyar. Luasnya kurang lebih 122,78 hektar.

“Hak tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.177/MenLHK/Setjen/PLA.)/4/2018 tentang Penetapan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus Untuk Hutan Pendidikan dan Pelatihan Universitas Sebelas Maret, di Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah seluas 122,78 hektar,” jelas Ketua Tim Pengembangan UNS, Prof Dr Widodo Muktiyo kepada Timlo.net, di ruang Humas UNS, Solo, Jumat (25/5).

Langkah-langkah kini dipersiapkan, menurut Widodo, adalah komunikasi dan koordinasi dengan Badan Pemantapan Kawasan Hutan yang mana untuk menentukan tapal batas untuk menyesuaikan antara peta dengan fakta di lapangan.

Menurut Widodo, di hutan ini, UNS bisa menggunakan untuk pendidikan dan pelatihan, serta laboratorium. Selain itu sesuai dengan keinginan Kementerian LHK mendorong UNS untuk membuka program studi (Prodi) Lingkungan dan Kehutanan.

“Dan semester ini UNS mulai membuka Prodi Ilmu lingkungan, selanjutnya Prodi Ilmu Kehutanan. Sehingga UNS bakal memiliki dua program studi,” jelasnya.

Namun demikian, kata Widodo, hutan ini nantinya tidak diperuntukkan sebatas dua prodi tersebut. Tetapi terbuka pula untuk disiplin yang lain. Bahkan menampung disiplin berbagai keilmuan yang berkaitan dengan hutan. Termasuk bidang pariwisata.

Lebih lanjut Widodo menyatakan, dalam waktu dekat UNS juga akan mendirikan UPT (Unit Pelayanan Teknis) Kawasan Hutan Tujuan Khusus (KHTK). “Saat ini sedang dalam proses dipersiapan. Termasuk menginisiasi ternak dan tanaman apa saja yang bisa dikembangkan di kawasan hutan itu. Disini pula kami UNS akan bekerja sama dengan masyarakat setempat,” ujar Widodo yang juga Wakil Rektor IV UNS.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge