0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

5 Proposal Unisri Terima Hibah PKM 2018

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unisri, Dr Sutoyo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak lima proposal Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta berhasil lolos dan menerima hibah bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program tersebut didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti).

“Itu merupakan proposal PKM yang diajukan tahun 2017, dan cairnya tahun 2018,” ungkap Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unisri, Dr Sutoyo kepada Timlo.net, di ruang kerjanya, Kampus Unisri Solo, Jumat (25/5).

Sutoyo mengemukakan, pada tahun 2017, Unisri mengunggah sebanyak 70 proposal ke Kemenrisetdikti, selanjutnya lolos lima proposal. Dibanding tahun sebelumnya mengalami peningkatan sekitar 100 persen lebih. Terutama dari segi kualitas.

Peningkatan lolosnya proposal PKM, menurut  Sutoyo, tidak lepas dari prosesnya, yang mana diawali dari workshop, kemudian penyamaan persepsi pembimbing. Setelah adanya persamaan persepsi antara dosen pembimbing dan mahasiswa, selanjutnya mahasiswa membuat proposal yang dibatasi oleh waktu.

“Setelah diseleksi di tingkat fakultas kemudian di tingkat universitas. Saat di universitas, proposal mahasiswa yang lolos dilakukan klinis, dimana mahasiswa yang bersangkutan diundang. Usai klinis selesai, dilakukan perbaikan, proposal baru diunggahkan,” ujarnya.

Diantara judul proposal PKM yang lolos yang mendapat dana tahun 2018 adalah Pemanfaatan Lahan Kosong Urban Farming Solusi Tepat Guna Menuju Gerakan Peduli Lingkungan Pangan Sehat; Visibilitas Bakteri Pembentukan Asam pada Yoghurt yang disuplementasi dengan Ekstrak Jahe Gajar (Zingiber Officinale Var, Roscue); Pembuatan Beras Analog Berbahan Dasar Tepung Ampas Tahu dan Tepung Ubi Kayu Dengan Variasi Penambahan Tepung Tulang Ikan Lele dan CMC (Carboxy Methyl Cellulose); Pemanfaatan Ekstrak Kulit Terong Belanda (Solanum Betaceum) sebagai Antidiabetes dan Antikolsetrol pada tikus wistar jantan yang diindukasi aloksan; Karakteristik Kimia dan Organoleptis Yoghurt Tempe dengan Penambahan Ekstrak Buah Bit (Beta Vulgaris).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge