0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Merapi Meletus Pukul 2.56, Hujan Pasir Siram Beberapa Desa

Letusan Freatik Gunung Merapi (dok.timlo.net/nanin)

Timlo.net – Gunung Merapi kembali mengeluarkan letusan, Kamis (24/5) pukul 02.56 WIB. Gas dan material vulkanik terlontar ke udara setinggi 6.000 meter. Hujan pasir menyiram sejumlah desa di barat lereng Merapi, sedangkan hujan abu dilaporkan sampai ke Kecamatan Kemiri, Purworejo.

“Kalau di sini tidak sampai hujan abu, tapi jam segini masih kayak matahari belum terbit,” tutur Kent, warga Kutoarjo kepada Timlo.net.

Siaran pers yang dikeluarkan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pukul 3.32 menyebutkan letusan tersebut disertai amplitudo maksimum 60 mm, tinggi kolom 6000 m arah condong ke Barat,durasi selama 4 menit dan terdengar suara gemuruh dari semua Pos Pengamatan Gunung Merapi.

Belum ada penjelasan mengenai letusa tergolong freatik atau magmatik. Sementara itu, akun Twitter BPBD Magelang melaporkan sejumlah wilayah yang terkena dampak letusan, berupa hujan pasir dan hujan abu.

Ada 14 wilayah kecamatan yang terdampak, yakniTegalrandu, Sumber, Dukun, Ngadipuro, Banyubiru, Muntilan, Kota mungkid, Menayu, Kalibening, Salaman, Tempuran, Sedayu, Sawangan dan Mungkid.

BPPTKG mengimbau warga untuk tetap tenang, melengkapi diri dengan obat tetes mata, masker, jaket lengan pancang, kaca mata, dan topi jika bepergian.

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge