0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Presiden Instruksikan Kementerian Perdagangan Selesaikan Pembiayaan Klewer Timur

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Nasib pembangunan Pasar Klewer Timur mulai mendapatkan titik terang. Surat dari Presiden Joko terkait pembiayaan proyek tersebut dikabarkan telah diterima Kementerian Perdagangan dan BUMN agar segera ditindaklanjuti. Hal ini disampaikan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo setelah berkunjung ke Jakarta, Senin (21/5) lalu.

“Surat dari Presiden sudah diterima Kemendag dan Kementerian BUMN,” kata Rudy saat berbincang dengan wartawan, Rabu (23/5).

Surat tersebut, kata Rudy terkait pembiayaan pembangunan Pasar Klewer Timur yang hingga kini belum ada kejelasan. Pada saat peresmian gedung baru Klewer tahun 2017 lalu, Presiden menjanjikan pembangunan Klewer Sisi Timur akan dibiayai dari Pemerintah Pusat. Namun hingga bulan ini Pemkot belum menerima kepastian mengenai adanya pembiayaan dari pusat.

Ada dua opsi pembiayaan dari pusat untuk proyek yang diperkirakan mencapai Rp 57 Milar itu. Yang pertama pembiayaan dari sumber APBN. Atau opsi lain, dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahan BUMN. Namun menurut Rudy opsi kedua lebih flesibel dibanding pembiayaan dari APBN.

“Kalau pakai CSR kita tidak terpancang tahun anggaran. Bisa lewat tahun,” kata dia.

Rudy berharap Pemerintah Pusat segera memberi kepastian pembiayaan Pasar Klewer Timur. Pasalnya, para pedagang sudah berulang kali mengeluhkan kondisi pasar darurat yang kurang nyaman. Akibatnya, omzet mereka turun karena pembeli menyusut.

“Pedagang sudah berkali-kali nagih saya. Kalau tidak segera dibangun kasihan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge