0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peneliti Kembangkan Hidrogel Untuk Tumbuhkan Kembali Jaringan Otak

Pemetaan otak. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Tidak seperti organ atau bagian tubuh lainnya, otak cukup lambat dalam menyembuhkan diri sendiri. Itulah kenapa otak tidak bisa pulih dari kondisi tertentu karena tidak bisa sembuh cukup cepat. Atau tidak bisa cukup cepat untuk mengatasi penyakit itu.

Akan tetapi, sepertinya para peneliti di the University of California, Los Angeles, Amerika Serikat (AS) menemukan cara untuk mengatasi masalah ini. Mereka mengembangkan hidrogel yang bisa disuntikkan. Hidrogel itu bisa memicu pertumbuhan kembali jaringan otak, saraf dan bahkan pembuluh darah.

Para peneliti ini mengembangkan pendekatan yang berbeda dari metode lain untuk merawat stroke, tulis Ubergizmo. Pada dasarnya saat stroke terjadi, sel-sel otak terbunuh. Sel-sel itu lalu diserap tubuh dan meninggalkan lubang tanpa pembuluh darah atau saraf yang bisa tumbuh.

Hidrogel yang bisa disuntikkan ini akan menolong mengisi lubang itu dan bertindak sebagai perancah. Pada akhirnya jaringan otak yang sehat bisa menambal area itu dengan jaringan otak yang baru. Gel itu juga mengandung obat anti peradangan dan menolong merangsang pertumbuhan sel darah baru.

Sejauh ini, para peneliti menguji gel itu pada tikus dengan sukses. Setelah 16 minggu, jaringan otak baru ditemukan tumbuh pada lubang-lubang jaringan otak. Selain itu tikus juga menunjukkan perbaikan dalam keterampilan motorik. Uji coba pada manusia belum dilakukan. Tapi para peneliti optimis terhadap penemuan mereka.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge