0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jelang Lebaran, Kemendag Jual Sembako Murah di Ponpes

Masyarkat menyerbu Ponpes Fathul Huda di Desa Keputran, Kemalang, Klaten saat berlangsung pasar murah dari Kemendag (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan perusahaan swasta menggelar pasar murah di tiga pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Klaten, Rabu (23/5). Tujuannya, untuk membantu mengurangi beban masyarakat menjelang Lebaran.

“Ini murni ide Pak Menteri Perdagangan (Enggartiasto Lukita) yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Ingin ada nilai kebersamaan sekaligus membantu masyarakat mendapatkan sembako dengan harga terjangkau,” ujar Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana.

Dikatakan, Kemendag sebatas memfasilitasi perusahaan swasta untuk menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa paket sembako murah. Masing-masing paket berisi beras 5 Kg, gula pasir 2 Kg, minyak goreng 2 liter dan sebotol sirup.

Setiap satu paket Sembako di pasaran senilai Rp 115 ribu itu cukup dibeli warga dengan merogoh kocek Rp 50 ribu. Sedangkan masing-masing lokasi pasar murah dijatah 500 paket Sembako.

Adapun ketiga Ponpes itu meliputi, Ponpes Fathul Huda di Dukuh Karang Kembang, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang. Kemudian Ponpes Salafiyah Darul Qur’an di Dukuh Sanggrahan, Desa Demakijo dan Ponpes Darussalam Al-I’Jaaz di Dukuh Manisrejo, Desa Ngemplak, keduanya di Kecamatan Karangnongko.

“Sasaran paket Sembako pasar murah ialah warga sekitar Ponpes. Kemudian uang hasil penjualan disumbangkan kembali kepada Ponpes untuk memfasilitasi para santri. Jadi, bukan sekadar pasar murah untuk menjual Sembako murah, tapi ada nilai kebersamaan yang kita angkat,” papar Eva.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge