0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sidak Pasar, TPID Sebut Harga Komoditas Stabil

TPID Solo Sidak ke pasar tradisional (doktimlo.net/setyo pujis)

Solo — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo kembali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di pasar tradisional. Dari Sidak yang dilakukan di tiga pasar, yakni Pasar Legi, Pasar Gede dan Pasar Nusukan itu, sejumlah komoditas terpantau stabil. Bahkan beberapa diantaranya justru  mengalami penurunan harga.

“Dari pantauan yang kita lakukan, hampir mayoritas barang stabil. Bahkan untuk telur, beras dan cabai rawit terpantau turub harga,” kata Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Rabu (23/5).

Kendati demikian, pihaknya juga mewaspadai sejumlah komoditas yang berpotensi menarik laju inflasi. Diantaranya daging ayam ras dan bawang putih. Pasalnya hingga saat ini kedua komoditas tersebut terus merangkak naik.

“Untuk daging ayam ras dari sebelumnya Rp 32 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Dan bawang putih dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram,” jelasnya.

Merangkaknya dua komoditas itu, dijelaskan, karena permintaan dari masyarakat yang meningkat seiring mendekatinya Lebaran. Oleh karena itu, sebagai penyikapannya selain memastikan ketersediaan barang pihaknya berharap masyarakat dapat lebih bijak dalam berbelanja.

“Untuk komoditas daging ayam ras, meski terjadi lonjakan tapi disparitas antar pedagang hampir tidak ada. Karena setelah kita cek hampir semuanya harga jualnya sama, yaitu Rp 35 ribu per kilogram,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo dalam kesempatan yang sama menambahkan, kenaikan daging ayam ras lebih dipengaruhi karena permintaan pasar.

“Kalau naik itu wajar,  karena masyarakat sendiri ketika sanak familinya datang biasanya menyediakan masakan ayam. Jadi kalau saya melihat, ini lebih karena permintaan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge