0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Linmas Tingkat Kota Memperoleh BPJS Kesehatan

Anggota Komisi I DPRD Kota Surakarta Ginda Ferachtriawan (dok.timlo.net/gg)

Solo — Anggota Komisi I DPRD Kota Surakarta Ginda Ferachtriawan menandaskan, anggota Linmas (Perlindungan MasyaraLkat) yang bertugas di seluruh wilayah kota di bawah koordinasi Satpol PP (satuan polisi pamong praja) memperoleh BPJS Kesehatan. Sedang di tingkat wilayah kecamatan dan kelurahan belum dapat menerima kartu BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial).

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo saat ini belum menganggarkan bagi tenaga Linmas untuk memperoleh BPJS. “Barangkali nantinya akan dianggarkan. Tetapi masih dalam perencanaan dan pembahasan. Soalnya banyak persoalan yang perlu dipikirkan tentang kemungkinan anggota Linmas memperoleh BPJS,’’ kata Ginda pada wartawan, Rabu (23/5).

Perbedaan status tenaga Linmas di tingkat wilayah, ujar dia, seperti kelurahan dan kecamatan sifatnya voluntir dari warga masyarakat. Meskipun mereka juga memperoleh uang tali asih dari Pemkot Solo.

“Kalau soal BPJS mereka belum mendapatkan. Mereka tenaga Linmas Kelurahan dan Kecamatan itu’kan dulunya volunteer dari warga masyarakat. Jadi kami berpikir belum sampai memikirkan dapat BPJS. Entah nantinya bisa atau tidak,’’ katanya.

Lebih lanjut Ginda menerangkan, Linmas di tingkat kelurahan dan kecamatan, tidak termasuk dalam kategori sebagai tenaga kerja. Sebab, selain faktor umur, Linmas di Kelurahan tidak bisa dimasukkan sebagai tenaga kerja produktif.

‘’Itu tidak mungkin di beri kartu BPJS Kesehatan. Selain umur kan bila pemerintah menganggarkan tidak memungkinkan, soalnya bukan tenaga kerja. Mereka voluntir, tidak memperoleh gaji tetap,’’ tandas dia

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge