0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Juni Rekrutmen CPNS, Ini Usulan Pemkab Wonogiri

Kepala BKD Wonogiri, Rumanti Permanandyah (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri telah mengusulkan sebanyak 430 formasi CPNS kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN & RB). Sedangkan tahapan rekrutmen CPNS kemungkinan besar akan dimulai awal bulan depan.

“Informasi yang saya terima dari pejabat KemenPAN RB rekrutmen CPNS akan dimulai bulan Juni mendatang,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri, Rumanti Permanandiyah, Selasa (22/5).

Sebelumnya, kata Rumanti, Pemkab mengusulkan CPNS sebanyak 3.445 orang,sesuai kebutuhan PNS di Wonogiri. Namun, lantaran adanya aturan susulan dari pemerintah pusat, jika usulan jumlah pegawai yang pensiun di 2018. Maka, usulannya hanya 430 orang saja.

Adapun formasi yang disediakan hanya meliputi tiga bidang, yakni pendidikan, kesehatan, dan pegawai teknis di bidang infrastruktur. Padahal, Pemkab Wonogiri juga mengalami banyak kekurangan PNS di bidang lain.

“Kami sebenarnya juga sangat banyak kekurangan staf dan tenaga administriasi. Bahkan, banyak Kasi yang tidak punya staf,” bebernya.

Ditambahkan, pihaknya belum memperoleh surat edaran resmi dari KemenPAN & RB mengenai kepastian jumlah formasi yang disetujui dalam perekrutan CPNS mendatang. Perekrutan CPNS akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara. Tes CPNS akan menerapkan Computer Assisted Test (CAT), sehingga nilai tes langsung bisa diketahui masyarakat. Dengan cara tersebut, peluang kecurangan atau tidak bisa ’titipan’ karena nilainya langsung keluar dan diketahui semua peserta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge