0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Akses Utama Menuju Gedung Wayang Orang Sriwedari Ditutup

Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan (dok.timlo.net/ist)

Solo — Akses menuju Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari melalui Gapura Sriwedari akan ditutup selama pengerjaan Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS). Sebagai gantinya, akses dialihkan lewat pintu Selatan dan Barat kawasan Sriwedari.

“Untuk sementara, GWO masih bisa beroperasi. Hanya aksesnya saja yang dipindah lewat pintu Selatan dan Barat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan, Selasa (22/5).

Selama ini, Gapura Sriwedari merupakan akses utama memasuki kawasan Sriwedari termasuk menuju GWO. Gapura yang dibangun di era kepemimpinan Walikota Joko Widodo itu menghadap Jalan Slamet Riyadi. Jalan menuju GWO lewat gapura itu juga relatif halus meski terdapat lubang di beberapa titik.

Sebaliknya, akses lewat Selatan dan Barat jauh kurang populer karena berhadapan dengan Jalan Kebangkitan Nasional yang lebih sempit dibanding Slamet Riyadi. Pintu Selatan dan Barat Sriwedari juga minim penanda sehingga sering luput dari perhatian orang lewat. Belum lagi kondisi jalan setelah memasuki pintu Selatan yang sudah setahun terakhir ini rusak parah.

Hasta mengakui kondisi tersebut kurang ideal untuk kawasan tujuan wisata seperti GWO.

“Kita akan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum supaya jalan lewat Selatan diperbaiki,” kata dia.

Ia menambahkan, operasional GWO juga hanya bersifat sementara sampai penataan kawasan Sriwedari merambah area GWO. Untuk saat ini, penggemar Wayang Orang masih diberi kesempatan untuk menikmati tontonan khas Solo itu.

“Nanti kalau penataan sudah sampai ke sana ya dibongkar,” kata dia.

Hasta sendiri belum mengetahui pasti lokasi alternatif untuk pentas wayang orang jika nantinya GWO direnovasi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge