0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tok! Bos Hannien Tour Dihukum Penjara 3,5 Tahun

Terdakwa kasus penipuan jamaah umroh saat duduk di kursi pesakitan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dua terdakwa kasus penipuan dan penggelapan biro perjalanan haji dan umroh PT Usamaniyah Hannien Tour, Farid Rosyidin (45) dan Avianto Boedhy Satya (51) dijatuhi hukuman pidana selama tiga tahun enam bulan atau 3,5 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Solo, Selasa (22/5) siang. Vonis yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim lebih berat dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Solo yang menuntut hukuman pidana selama dua tahun.

“Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa selama tiga tahun enam bulan penjara potong masa tahanan dan membayar biaya persidangan,” terang Ketua Majelis Hakim PN Solo.

Untuk vonis terdakwa Farid, terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 378 tentang Penipuan dan Penggelapan yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim, Mangapul Grisang. Sedangkan, vonis terdakwa Avianto secara sah dan meyakinkan turut serta dan dikenakan Pasal 55 bersama dengan terdakwa Farid, yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim, H Muhammad.

Terkait vonis yang dijatuhkan, kedua terdakwa mengaku pikir-pikir.

Seperti diberitakan, kasus ini pertama kali mencuat di Solo pada April 2017. Sejumlah jamaah mengadu secara langsung kepada Kementerian Agama maupun melalui media massa. Dalam kasus ini, Kemenag pun telah memanggil pihak perusahaan travel untuk diminta klarifikasi. Dalam upaya mediasi tersebut, Hannien Tour menyatakan dua komitmen, yaitu: akan memberangkatkan jemaah dan mengembalikan biaya kepada mereka yang ingin menarik kembali uangnya.

Namun demikian, dua komitmen tersebut belum sempat ditunaikan oleh Hannien Tour. Sebagian jemaah bahkan telah melaporkan pimpinan PT Al-Utsmaniyah ini kepada pihak kepolisian Kota Solo.

Khusus kantor cabang Hannien Tour Solo tercatat menyetorkan uang perjalanan umrah dari 594 jamaah dengan kerugian sekitar Rp1 miliar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge