0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemerintah Usulkan Reperda Kependudukan

Solo – Pemerintah Kota Solo (Pemkot) menginginkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur soal kependudukan dalam pembangunan berkelanjutan. Mengingat penduduk merupakan modal dasar dan faktor dominan dalam pembangunan sehingga harus menjadi titik sentral. Pertumbuhan jumlah penduduk yang cepat bila tidak disertai kualitas yang mumpuni, akan memperlambat tercapainya kondisi ideal.

“Atas dasar hal tersebut, pemerintah mengajukan usulan Raperda tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, agar dibahas dalam panitia khusus di DPRD,” kata Kata Wakil Walikota Achmad Poernomo, Senin (21/5).

Menurut dia, dalam draf yang telah dibuat terdiri dari 12 bab dengan 69 pasal. Adapun ruang lingkup meliputi hak dan kewajiban penduduk, kewenangan dan tanggungjawab pemerintah daerah, pembiayaan, perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga.

“Selain itu juga terdapat pasal yang mengatur tentang data dan informasi kependudukan maupun kelembagaan dan peran serta masyarakat,” ujar dia.

Mengingat hal tersebut, kata Poernomo, dinilai sangat penting dan mendasar dalam tatakelola penduduk di Kota Solo pemerintah mengusulkan agar usulan raperda dibahas melalui panitia khusus.

“Mengingat pentingnya raperda tersebut, kami berharap dibahas oleh panitia khusus,” kata Poernomo.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge