0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tanah Eks Terminal Induk dapat Sertifikat, Bupati Puji Kinerja ATR/BPN

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri mengapresiasi kinerja jajaran Kantor ATR/BPN Wonogiri dalam hal pensertifikatan tanah eks terminal induk Klampisan, Selogiri, Wonogiri. Hal ini lantaran proses pensertifikatan tanah tersebut hanya memakan waktu beberapa bulan saja.

“Memang sejak awal kita kejar agar dapat legalitas, kalau kita lihat transaksinya di tahun 1983. Selanjutnya ada konsep-konsep tertentu untuk pemanfaatan lahan tersebut kedepannya. Tapi itu perlu dikonsultasikan dengan para pihak. Intinya kami sangat berterimakasih atas kerjasama semua jajaran ATR/BPN yang sudah kerja keras dalam menerbitkan bukti legalitas tanah aset pemerintah,” terang Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Senin (21/5).

Tanah eks terminal tersebut, menurut Bupati, merupakan salah satu aset Pemkab Wonogiri yang masuk dalam kriteria strategis. Sejak tahun 2013-2017 berkas-berkas sudah masuk ke BPN untuk diproses, namun karena terkendala suatu hal, 2018 ini tanah tersebut sah dan secara legalitas menjadi aset Pemkab.

“Sejak lama sertifikat sebenarnya sudah ada di Pemkab. Versi BPKAD sudah jadi hak milik Pemkab tapi dalam pencatatan belum ada legalitas. Setelah itu kita telusuri historinya, maupun saksi sejarah memang awalnya ada kendala tapi semua sudah clear. Sampai puluhan tahun mangkrak tanpa sertifikat itu sebenarnya itu tinggal keseriusan kepala daerah dan stekholder terkait. Nyatanya, setelah kita serius memproses, tanah eks terminal dalam waktu lima sampai enam bulan saja sudah clear,” jelas Bupati Joko Sutopo.

Sejauh ini pihaknya belum memastikan langkah kedepan untuk pemanfaatan tanah tersebut. Selain tanah eks terminal ada sejumlah aset Pemkab yang belum memiliki legalitas, seperti tanah yang saat ini dipergunakan sebagai pasar tradisional yakni Pasar Krisak, Selogiri.

“Yang jelas kami saat ini fokus pada tanah aset Pemkab yang dianggap strategis dulu untuk mendapatkan satu legalitas. Selanjutnya akan ada konsep-konsep tertentu untuk pemanfaatan tanah eks terminal yang tentunya harus melalui tahapan koordinasi dengan para pihak,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge