0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ramadan, Berkah Bagi Pedagang Kolang-Kaling

Pedagang kolang-kaling saat melayani pelanggan (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Pedagang buah kolang-kaling di Pasar Legi Solo ketiban berkah saat memasuki bulan ramadan. Pasalnya  permintaan dari pelanggan mengalami lonjakan drastis, seiring banyaknya masyarakat yang menginginkan minuman segar untuk menu berbuka puasa.

“Kenaikan permintaan sudah terjadi sejak sepekan sebelum ramadan kemarin. Permintaan yang datang tidak hanya dari pedagang, tapi juga perorangan yang ingin dikonsumsi sendiri,” kata salah seorang pedagang, Srimiyati (50) kepada wartawan,  Senin (21/5).

Saat masuk perdiode ramadan, katakannya, lonjakan permintaan buah kolang-kaling ditempatnya lebih dari 100 persen. Pasalnya, jika saat kondisi normal hanya mampu menjual 2-3 kwintal, saat ini melonjak hingga mencapai 3 ton. Lantaran tingginya permintaan, ia mengaku sudah melakukan tambahan stok sejak jauh-jauh hari.

“Untuk barangnya sendiri kita ambil dari berbagai daerah, seperti Tasikmalaya, Garut, Bengkulu hingga Medan, ” jelasnya.

Karena tingginya permintaan itu, ia juga mengatakan harga jual buah kolang-kaling yang dipasarkan ikut terkerek naik. Jika sebelumnya diantara Rp 8 Ribu – Rp 9 Ribu per kilogram,  sekarang naik menjadi Rp 12 Ribu hingga 13 Ribu per kilogram.

Sementara itu dari pantauan di lapangan, lonjakan permintaan tidak hanya terjadi untuk komoditas kolang-kaling,  tapi juga janggelan. Masyarakat banyak yang berburu bahan campuran untuk membuat minuman segar tersebut untuk tambahan menu berbuka puasa.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge