0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tentang Perlindungan Perempuan, Anak dan Kemandirian Disabilitas, Ini Perdebatan Dua Cabup

Dua paslon bupati wakil bupati Karanganyar ikuti debat publik di gedung DPRD (timlo.net/raymond)

Karanganyar –– Adu gagasan dan ide pada debat publik cabup-cawabup Karanganyar di gedung DPRD, Senin (21/5) makin seru menyoroti pembangunan kualitas manusia. Masing-masing cabup memiliki pandangan berlainan soal penyandang disabilitas, perlindungan anak dan perempuan serta keberpihakan pemerintah.

“Disabilitas itu cobaan dari yang maha kuasa. Untuk menangani mereka, pendekatannya berlainan yang disesuaikan kekurangannya. Mungkin kekurangan pada fisik atau mentalnya. Kita yakin mereka memiliki kelebihan,” ujar cabup nomor urut satu itu terkait penyandang disabilitas.

Menurut Rohadi, banyak kebijakan daerah kurang tepat menangani kalangan tersebut. Ia menuding pemicunya data asal-asalan atau malah menyusun kebijakan tanpa data konkrit. Ia berjanji memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi lansia dan perempuan. Mengenai kekerasan dalam rumah tangga, ia memandang perlunya penyelesaian secara berimbang. Tak melulu kaum pria selalu dikambinghitamkan.

“KDRT bisa juga lho menimpa pria atas perlakuan wanita. Untuk memberikan perlindungan ke perempuan dan anak, misalnya ada pelayanan khusus bagi mereka di RSUD dan puskesmas. Penganggarannya harus maksimal. Di sini, bupati sendirian enggak bisa. Harus ada kontribusi kerjasama anggota DPRD,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge