0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Paslon Bupati Berdebat Soal Lawu

Debat publik dihadiri dua pasangan cabup cawabup Karanganyar (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur disebut-sebut dalam debat calon bupati-wakil bupati Karanganyar yang berlangsung di gedung DPRD, Senin (21/5). Calon bupati nomor urut dua, Juliyatmono berencana membangun fasilitas pengunjung wisata sampai ke puncaknya sedangkan calon bupati nomor urut satu, Rohadi Widodo lebih sepakat tak mengusik Gunung Lawu.

“Saya memberanikan diri menolak eksploitasi Gunung Lawu. Saya punya cita-cita bikin tangga sampai puncak Lawu, berskala internasional. Nanti ada wisata ziarah, wisata spiritual,” kata Juliyatmono.

Komentarnya ini dilontarkan setelah pemandu debat, Andromeda Mercury, bertanya strategi pengembangan sumber daya alam berkelanjutan di bidang pariwisata.

Juliyatmono meyakini potensi itu merupakan daya tarik wisata internasional. Terlebih, bupati Karanganyar nonaktif ini memastikan pemerintah daerah mendukung kepariwisaan lokal melalui regulasi. Ia menyebut potensi itu bukan hanya kemolekan alam, namun juga buah karya kearifan lokal seperti atraksi kesenian.

“Di 17 kecamatan di Karanganyar layak menjadi destinasi wisata,” katanya.

Sementara itu Rohadi Widodo menginginkan destinasi wisata di wilayah timur seperti Gunung Lawu tetap natural. Artinya, tidak akan banyak mengubah fisik lereng Lawu karena banyak hal menguntungkan di sana. Misalnya, menjadi spot olahraga paralayang yang kini sedang digandrungi di mancanegara. Justru pengembangan tata ruang modern didorong ke wilayah barat seperti Jaten dan Colomadu.

“Kalau potensi alam tidak hanya Lawu di Tawangmangu. Alam luar biasa indah juga ada di Jatiyoso dan Karangpandan. Wisata pertanian seperti di ubud Bali. Kita ingin multiplayer effectnya ke UMKM,” katanya.

Kedua calon bupati ini sama-sama memandang penting regulasi untuk mendorong tumbuhnya pariwisata desa yang mampu mendongkrak geliat UKM.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge