0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dana Desa Potensial Dijadikan Modal Usaha

Peresmian swalayan desa yang dibangun BUMDes Sroyo, Jaten. (Foto:Raymond) ()

Karanganyar – Pemerintah desa didorong inovatif mencari sumber pendapatan dari modal dana desa. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Karanganyar, Adolfus Joce Bau, baru-baru ini.

“Justru ini yang kami tunggu dari desa. Membangun usaha mandiri bertata kelola otonom. Keuntungan masuk ke desa untuk kesejahteraan bersama. Menampung produk UKM, serta menyerap tenaga kerja lokal,” katanya.

Pihaknya siap mengkomunikasikan kerjasama BUMDes dengan mitra kerja korporasi di Karanganyar. Ia menyontohkan, S-Mart milik Desa Sroyo dipersilakan ‘kulakan’ gula di PG Tasikmadu atau menjadi outlet produk kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Untuk bisa bersaing dengan toko lain, tentunya harga barang harus lebih murah. Yang sudah bersedia itu gula dari PG Tasikmadu. Ambil di sana untuk usaha BUMDes bakal menguntungkan. Kemudian, pabrik-pabrik di Karanganyar yang menyediakan kebutuhan harian, dapat dikerjasamakan,” katanya.

BUMDes perlu berinovasi supaya tak kalah bersaing dengan usaha swasta. Perkembangan sekarang, konsumen lebih memilih transaksi mudah secara online mulai pembelian sampai pengiriman barang.

“Kebanyakan orang menyukai beli online dan barangnya diantar. Tanpa harus ke luar rumah. Mungkin cara ini bisa diterapkan,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge