0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

BMKG: Potensi Hujan di Jateng Meningkat

(ilustrasi) hujan deras (sumber: Pixabay)

Timlo.net — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya peningkatan potensi hujan di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Jawa Tengah.

“Potensi hujan di beberapa wilayah termasuk di Jawa Tengah meningkat pada 18 – 21 Mei 2018,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Sabtu (19/5).

Pada saat ini, tambah dia, seluruh wilayah di Jawa Tengah telah memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

“Karena masih musim peralihan atau pancaroba maka potensi hujan masih mungkin mengalami peningkatan,” katanya.

Sebelumnya, BMKG memprakirakan awal musim kemarau tahun 2018 untuk sejumlah kabupaten di Jawa Tengah, termasuk Banjarnegara diperkirakan mulai bulan Juni dasarian dua.

Dia mengatakan hal tersebut berdasarkan analisa perkembangan atmosfer.

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo mengatakan, peningkatan potensi hujan dipicu oleh adanya pusat tekanan rendah di sekitar Samudera Hindia perairan Barat Sumatera dan sirkulasi siklonik di Selat Karimata.

Selain itu ada indikasi aktifnya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera yang masuk ke wilayah Indonesia bagian Barat dan Tengah.

Kondisi tersebut memberikan pengaruh terhadap pola cuaca dalam meningkatkan suplai uap air yang berkontribusi pada pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di Indonesia bagian Barat dan Tengah.

Sumber: Antara

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge