0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

BI Solo Sediakan anggaran Rp 5.034 Triliun untuk Layanan Penukaran Uang

Kepala Perwakilan BI Solo Bandoe Widiarto saat memberikan penjelasan mengenai layanan penukaran uang (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Guna memaksimalkan layanan penukaran uang kepada masyarakat selama periode Ramadan dan Lebaran, Kantor Pewakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo gandeng sejumlah lembaga keuangan di Soloraya. Dengan adanya layanan penukaran itu, diharapkan masyarakat tidak memanfaatkan jasa  penukaran tidak resmi karena rentan terhadap resiko penipuan.

“Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang,  tahun ini kita menyediakan layanan di 111 titik,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo,  Bandoe Widiarto kepada wartawan, Jumat (18/5).

Dalam memberikan pelayanan  penukaran uang itu,  dikatakannya BI bekerjasama dengan sejumlah lembaga keuangan di Soloraya. Diantaranya adalah bank umum,  BPR konvensional, BPR Syariah hingga Pegadaian.

Adapun anggaran yang disediakan untuk memaksimalkan layanan penukaran uang itu, BI sedikitnya telah menyiapkan dana sebesar Rp 5,034 Triliun. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 4,615 Triliun.

“Jika dibandingkan tahun lalu peningkatannya sebesar 9,09 persen, ” ungkapnya.

Untuk jadwal pelayanan  penukaran, lanjut dia, akan dimulai pada 22 hingga 30 Mei 2018. Sedangkan layanan di luar kota Solo dimulai pada tanggal 22 Mei sampai dengan 7 Juni 2018 setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis pada jam layanan yang ditetapkan.

Dengan adanya layanan tersebut, masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan penukaran melalui jasa penukaran uang tidak resmi atau perantara lainnya.

“Kalau melakukan penukaran uang yang tidak resmi ada risiko tidak adanya jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar, kemungkinan menerima uang palsu, serta adanya pungutan biaya. Karena itu,  harapan kita masyarakat bisa memanfaatkan layanan resmi yang telah kita sediakan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge