0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Suku Bunga BI Naik, Begini Nasib Kredit Perbankan

Gedung bank Indonesia (sumber: http://www.bumntoday.com)

Timlo.net – Peningkatan suku bunga acuan “7-Day Reverse Repo Rate” sebesar 25 basis poin oleh Bank Indonesia diklaim tidak otomatis turut menaikkan tingkat bunga kredit perbankan. Negara-negara lain saat ini sedang dalam tahap menaikkan suku bunga.

“Tidak otomatis juga naik tingkat bunga kredit, kalaupun naik tidak proposional. Naik 0,25 (persen), ya sana tidak harus naik 0,25,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Jumat (18/5).

“Di awalnya bisa seperti biasa, tetapi kalau nanti perkembangannya di manapun bunganya naik pasti akan menyesuaikan diri,” lanjut Darmin.

Sementara untuk mengawal dampak suku bunga ke pertumbuhan ekonomi, pemerintah mendorong hal tersebut melalui penyederhanaan perizinan dan insentif fiskal.

“Kami sudah siapkan, dan tinggal diluncurkan saja dalam beberapa hari lagi. Artinya pemerintah sudah menyiapkan diri,” kata Darmin.

Sebelumnya, Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan “7-Day Reverse Repo Rate” sebesar 25 basis poin menjadi 4,5 persen pada Rapat Dewan Gubernur, 16-17 Mei 2018, untuk meredam dampak ketidakpastian ekonomi global yang telah menggerus nilai tukar rupiah dalam beberapa waktu terakhir.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge