0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mahasiswa Agroteknologi UNIBA Kunjungi Irigasi Penjalinan

Mahasiswa UNIBA meninjau pengairan penjalinan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 26 mahasiswa semester 4 Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Batik (UNIBA) Solo mengadakan kunjungan lapangan ke Daerah Irigasi Penjalinan yang ada di Kecamatan Teras, Boyolali. Mereka pengambil mata kuliah Pengelolaan Air Pertanian.

“Kunjungan itu bertujuan untuk melihat kondisi pengairan secara langsung di lapangan, diharapkan mahasiswa dapat memahami sistem pengaturan irigasi pertanian, dapat membedakan irigasi teknis, setengah teknis dan sederhana,” jelas Humas UNIBA Fithri Setya Marwati kepada wartawan, di Kampus UNIBA, Solo, Jumat (18/5).

Disebutkan, sebelum terjun ke lapangan, ke 26 mahasiswa diterima oleh Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Teras, Boyolali, Marjoko Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang irigasi pertanian yang ada di Daerah Irigasi Penjalinan oleh Ketua GP3A (Gabungan Petani Pemakai Air), Khamidi.

Menurut Khamidi, Pengairan Penjalinan dapat mengairi 300 ha lahan yang terbagi ke dalam 6 daerah, yaitu Teras, Mojolegi, Gumukkrejo, Tawangsari, Ketaon, dan Ngaru-Aru. Sistem pembagian air dilakukan dengan cara gontoran, sesuai luasan areal sawah yang diairi. Kelompok tani yang tergabung dalam P3A sudah memiliki jadwal hari tertentu, dimana air harus masuk di areal persawahannya.

Kemudian mahasiswa melihat aliran irigasi yang dimulai dari bendung Sungai Pepe di Desa Mojolegi. Mahasiswa juga menyusuri aliran irigasi primer, sekunder, tersier hingga kuarter.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge