0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Damkar Siapkan Sistem Smart Alarm

Kepala Dinas Damkar Kota Solo, Gatot Sutanto (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo menargetkan sistem alarm pintar terpasang di gedung-gedung vital dan ramai di Solo. Dinas Damkar saat ini masih mencari prototipe yang paling sesuai dengan kondisi Kota Solo.

“Kita sedang pesan prototipe. Mudah-mudahan kalau masih ngejar waktunya anggaran akan kita ajukan di APBD 2019,” kata Kepala Dinas Kebakaran Solo, Gatot Sutanto, Kamis (17/5).

Rencana tersebut sebenarnya telah dirancang Dinas Pemadam Kebakaran sejak tahun 2017 lalu. Sistem smart alarm itu nantinya terhubung secara nirkabel ke Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Pemadam Kebakaran di Pedaringan yang tengah dibangun.

Cara kerjanya, setiap bangunan yang tersambung ke sistem smart alarm akan otomatis mengirim sinyal ke Pusdalops lengkap dengan detil informasi lokasi kebakaran. Bahkan informasi yang dikirim bisa mencakup jenis api hingga tepatnya lokasi kebakaran.

“Misalnya untuk bangunan bertingkat kita bisa tahu yang kebakaran lantai berapa,” kata dia.

Saat ini, Gatot masih menggalang dukungan dari para pelaku usaha dan masyarakat umum Kota Solo. Selama ini Gatot mengaku tanggapan publik sangat positif. Ia juga menjamin sistem tersebut tidak akan menelan biaya besar.

“Kita sudah mencari-cari informasi. Kira-kira harganya Rp 5 Juta per unit. Untuk ukuran pengusaha itu sangat terjangkau,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge