0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kenalkan KA Solo Ekspres, PT KAI Gratiskan Tiket Selama Empat Hari

Peresmian KA Solo Ekpres di Stasiun Solo Balapan (timlo.net/setyo pujis)

Solo — PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi operasikan KA Solo Ekspres dengan rute Solo-Kutoarjo,  Kamis (17/5). Untuk memperkenalkan sekaligus menarik minat masyarakat menggunakan KA ini, PT KAI juga  menggratiskan tiket perjalanan KA tersebut selama empat hari, yaitu Kamis-Minggu (17-20/5).

“Tiket gratis untuk KA Solo Ekspres ini akan diberikan kepada 200 penumpang di setiap perjalanannya. Masyarakat yang ingin menggunakan KA baru ini dapat naik di stasiun-stasiun pemberhentian sesuai jadwal keberangkatan, “kata Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno Priyanto kepada wartawan.

Dalam satu trainset KA Solo Ekspres dengan jenis KRDE ini,  dikatakannya terdiri dari empat gerbong dengan kapasitas total 393 orang penumpang duduk dan berdiri. Selama dalam perjalanan penumpang dapat menikmati beberapa fasilitas yang tersedia, seperti  pendingin udara, TV, USB port, dan toilet.

KA ini,  lanjut dia,  juga mengakomodir penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area untuk penumpang berkursi roda di kereta.

“Masyarakat yang ingin menggunakan KA Solo Ekspres dapat melakukan pembelian tiket di stasiun-stasiun keberangkatan secara go show. Untuk perjalanan perdana ini, PT KAI menyiapkan satu trainset KRDE yang akan melayani dua perjalanan rute Kutoarjo-Solobalapan dan dua perjalanan rute Solobalapan-Kutoarjo,” jelasnya.

Kendati demikian ke depan, perjalanan akan ditambah jika satu rangkaian KRDE lainnya sudah siap dioperasikan.

Selama empat hari ini, PT KAI mempersilakan masyarakat Solo, Yogya, Kutoarjo dan sekitarnya untuk mencoba layanan KA ini secara gratis. Nantinya, setelah masa gratis selama empat hari ini berakhir, PT KAI akan mulai menerapkan tarif promo sebesar Rp 40.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Solobalapan (pp) dan Rp 30.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

Namun, khusus untuk perjalanan KA ini pada masa angkutan Lebaran yakni tanggal 5-26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp 60.000 untuk rute Kutoarjo-Solobalapan (pp) dan Rp 45.000 untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (pp) atau Stasiun Yogyakarta-Solobalapan (pp).

“KA baru ini menjadi alternatif moda transportasi kereta api bagi warga Solo, Yogya, Kutoarjo dan sekitarnya yang memerlukan waktu tempuh yang lebih cepat dan lebih nyaman dari kereta api lain dengan rute yang sama,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge