0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pembangunan Jalur KRL Solo-Yogjakarta Ditarget Selesai 2019

Derjen Perkeretaapian di dampingi Walikota Solo,  saat meresmikan KA Solo Ekspres (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Proyek pembangunan jalur Kereta Rel Listrik (KRL) dengan relasi Solo-Yogjakarta ditargetkan selesai pada 2019. Dengan adanya KRL tersebut diharapkan dapat mengurai kepadatan penumpang.

“Saat ini kita fokus dulu dalam penataan implacement Listrik Aliran Atas (LAA),” kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri kepad wartawan,  Kamis (17/5).

Proyek pembangunan jalur perlintasan KRL yang menghubungkan rute Solo-Yogjakarta, lanjut dia ditargetkan selesai pada 2019. Adapun panjang jalur yang melalui rute tersebut diperkirakan mencapai 60 kilometer.

“Untuk kajian kelayakan sebenarnya sudah mukai kita lakukan pada awal tahun kemarin. Dan memang kebutuhan penumpangnya sangat besar, sehingga pembangunan jalur KRL ini sangat relevan untuk mengurai kepadatan penumpang,” jelasnya.

Sementara itu,  Manager Humas PT KAI Daop VI Yogjakarta,  Eko Budiyanto menambahkan,  pembangunan jalur KRL rute Solo-Jogjakarta memang sangat diperlukan. Pasalnya, tingkat load factor yang dilayani KA Prameks selama ini sudah cukup padat.

” Rata-rata perhari, jumlah penumpang yang memanfaatkan KA Prameks ada sekitar 16 ribu. Jadi kalau KRL ini nanti bisa segera beroperasi,  harapannya dapat mengurai kepadatan penumpang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge