0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ishak Raih Doktor di UNS dengan Sangat Memuaskan

Ishak Nawawi sedang ujian doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ishak Nawawi, Komisaris Utama PT Indo Nusa Sukses berhasil meraih nilai 3,61 dengan predikat sangat memuaskan saat dinyatakan lulus gelar doktor ke 349 Universitas Sebelas Maret (UNS), di Gedung Pascasarjana UNS, Solo, Kamis (17/5). Ia berhasil mempertahankan disertasi berjudul Pemberdayaan Satuan Pengawas Intern di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dengan Audit Forensik Dalam Penanggulangan Korupsi.

“Pemberdayaan Satuan Pengawasan Internal (SPI) BUMN dengan audit forensik diperlukan karena audit forensik pada SPI BUMN sangat penting dalam upaya penegakan hukum dan penanggulangan korupsi dimana obyek audit forensik adalah informasi keuangan yang mungkin mengandung unsure penyimpangan,” jelas Ishak, di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Dr Furqon Hidayatullah.

Penyimpangan yang dimaksud, menurut Ishak, bisa berupa tindakan merugikan keuangan perusahaan, seseorang  atau bahkan negara. Temuan audit dari hasil pemeriksaan ini bisa dijadikan salah satu alat bukti bagi penyidik.

Oleh karena itu, kata Ishak, peranan audit forensik sangat sentral dan mendukung dalam upaya penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi, khususnya yang terjadi di BUMN.

Menurut Ishak, model hukum yang dibutuhkan untuk memberdayakan SPI-BUMN dengan audit forensik, diantaranya adalah dari aspek substansi hukum, perlu adanya perubahan Undang-Undang BUMN. Khususnya pada pasal 67 dimana kedudukan Satuan Pengawasan Internal BUMN berada di bawah Komisaris Utama untuk memperkuat kedudukan SPI.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge